Senin, 03 November 2014

Berapa Harga Piramida Jika Dijual?

Banyak sekali artikel dan video yang membahas 'misteri' pembangunan Piramida Giza, Mesir. Namun, jarang ada artikel ataupun video yang membahas berapa harga Piramida kalau dicairkan dalam bentuk uang.

Kevin Cook dalam video Pricing The Priceless-The Great Pyramid (National Geographic) mencoba menghitung harga tersebut. Pertama, dia menghitung harga semua batu-batuan yang menyusun Piramida. Menurut Dr. Zahy Hawas, jenis batu-batuan tersebut adalah batu granit. Memang sih, ada teori lain seperti yang dipublikasikan oleh majalah “Journal of American Ceramic Society”, Firaun menggunakan jenis tanah slurry untuk membangun Piramida. Tanah tersebut diproses sedemikian rupa, hingga membatu seperti yang kita lihat sekarang ini. Sementara untuk dasarnya, Firaun menggunakan batu alam.


Kembali ke penilitian Kevin Cook; setelah melalui perhitungan berapa harga semua batu-batu yang menyusun Piramida terbesar Giza, maka dia mendapatkan harga 115.160.000 Dollar Amerika.

Tahap selanjutnya, dia meneliti biaya pembangungan Piramida, seperti pembangunan yang dilakukan orang Mesir kuno. Setelah melalui perhitungan yang rumit, maka ditemukan biaya tersebut yaitu sejumlah 7.741.000.000 Dollar Amerika. Kemudian, jika Piramida tersebut dipindah ke New York, Amerika, maka biaya pemindahan tersebut memerlukan sejumlah 7.487.000.000 Dollar Amerika. Jadi perkiraan harga Piramida Giza (terbesar), adalah jumlah dari semua harga/biaya di atas.

Berbincang mengenai Piramida, Al Quran sendiri berbicara mengenai sosok Firaun sombong yang membangun bangunan tinggi. Dalam surat Al Qasas: 38, Allah Ta'ala berfirman,

"Dan Firaun berkata. "Wahai para pembesar kaumku! Aku tidak mengetahui ada Tuhan bagimu selain aku. Maka bakarkanlah tanah liat untukku wahai Hammam (untuk membuat batu bata), kemudian buatkanlah bangunan yang tinggi untukku agar aku dapat melihat Tuhannya Musa, dan aku yakin bahwa dia termasuk pendusta."

Wallaahu A'lam